Bigbang Baby (Stone Temple Pilots’ cover version)

Bigbang Baby (STP’s cover version)

(silahkan klik link di atas jika mau tau hasil coveran-nya saya)

Bigbang Baby adalah salah satu lagu terajaib yang pernah diciptakan oleh sebuah band yang amat hebat (menurut saya) bernama Stone Temple Pilots.

Stone Temple Pilots (STP) sendiri adalah band beraliran rock, entahlah saya ga mau terjebak dalam pengkotak-kotakan genre musik. Selama masih pake gitar yang suaranya meraung, bass yang tercabik-cabik dan drum yang mendentum saya menganggapnya sebagai musik rock. Tapi memang STP adalah band rock yang berbeda, lagu-lagu yang diciptakannya terasa demikian unik, terdengar mudah namun sulit untuk ditiru. Terdengar memakai chord yang sederhana namun ternyata sulit banget untuk mendapatkan harmoni yang persis seperti aslinya. Chording dan fingering-nya selalu dalam posisi yang cukup aneh menghasilkan notasi tersendiri yang terdengar “janggal” namun “nikmat”.

STP adalah pahlawan saya dalam bermusik baik gitar, bass juga drum. Mendengarkan musik mereka sama aja seperti kursus rock n’ roll secara murah (cuma modal beli – waktu itu – kaset aja) dan menikmati lagu-lagu yang unik dan nikmat. Ga ada ruginya. Banyak “colongan” dari mereka yang saya terapkan ketika harus bermain musik dalam ibadah gereja atau di tempat-tempat lainnya. Bukan, saya ga bermaksud mencampur rock dengan lagu rohani, tapi saya mempraktekkan “trik-trik” nya saja supaya bisa menghasilkan musik iringan yang lebih kaya.

Tahun 1996 adalah tahun kelahiran album ketiga dari STP bertitel: “Tiny Music, Songs From Vatican Gift Shop” yang kalo menurut saya merupakan album ter-alternatif yang mereka buat. Pada album pertama mereka “Core” dengan hits-nya Plush yang terdengar sekali memainkan aliran grunge (eranya sih) dan album kedua mereka “Purple” yang terdengar rock banget. Purple sendiri menjadi album paling fenomenal mereka dengan hits Vasoline (lagu yang paling nyeleneh chord-nya), Interstate Love Song (lagu yang paling meledak di pasaran) dan Big Empty (lagu yang paling pas buat menggalau).

Nah, dalam album Tiny Music sendiri STP memainkan musik yang sangat rock dengan pilihan chord dan aransemen yang sangat nyeleneh, keluar dari pakem. Sangat alternatif. Salah satu lagu yang paling berkesan buat saya ya tentunya Bigbang Baby. Pertama kali dengar lagu ini saya langsung geleng-geleng kepala sambil bilang, “Damn! How can they do such crazy thing like that?”. Notasi dan progresi chord-nya sangat ga lazim dengan beat yang bahkan enak buat nemenin kita disko. Lirik yang luar biasa aneh dan gilanya lagi selama rekaman album Tiny Music, sang vokalis sedang mengalami masa-masa kelam akibat ketergantungannya dengan drugs dan alkohol. Bukan saya menyetujui ketergantungan itu, namun ada suatu “pengaruh keren” yang dihasilkan: vokal yang terdengar “kotor” dan “mentah”. Amat berbeda dengan vokal di dua album sebelumnya. Jadilah Bigbang Baby menjadi salah satu masterpiece dari STP. Ga ada yang kurang dari lagu ini, begitu sempurna menghibur telinga dan hati saya. Ga pernah bosan mendengarnya. Sehingga kemudian lahirlah sebuah nama: Bigbangjoe yang memang terinspirasi dari Bigbang Baby.

Akhirnya, tahun demi tahun terlewati, tak terasa 16 tahun sudah Bigbangjoe wara-wiri di dunia, baik dunia nyata maupun beberapa tahun terakhir ini aktif di dunia maya, saya berpikir untuk melakukan cover version dari lagu yang mahahebat ini. Maka muncullah saya, dengan nama lain The Hexagram, menyanyikan semua part vokal, baik utama maupun latar, semua bagian gitar, semua bagian bass dan semua bagian drum sampe kebagian edit dan mixing-nya. Maksud hati ingin banget menghasilkan cover version yang amat mirip namun apa daya hal itu ga mungkin banget. Terpaksa deh saya memuaskan diri dengan hasil yang ada sekarang. Hehehehehehe… Yang penting saya merasa bangga dengan apa yang bisa saya bikin, banyak kekurangannya – tentunya – namun saya cukup merasa bangga karena akhirnya – setelah 16 tahun – saya bisa memberikan tribute untuk band hebat yang amat saya cinta. Bigbang Baby a la The Hexagram.

Di atas saya lampirkan link Bigbang Baby versi permainan saya sendiri yang telah diunggah ke dalam soundcloud, kali aja kalian penasaran mau dengar kayak apa.. Hehehehehehehehe….

Long live the real music. Long live real art. Long live rock n roll. Long live Stone Temple Pilots!

The Hexagram a.k.a Bigbangjoe

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s