perhitungan

memang, sedekat itu jaraknya. seperti yang telah kita perhitungkan. dalam dua masa yang berbeda, sekarang atau yang akan datang.

dan memang sedekat itu jaraknya, yang telah kita persiapkan. dalam dua hati yang berbeda, tersayang sebelum terhilang.

senyum adalah suaka bagi yang cemas. kerap menyudahi kuatir yang mengundang lemas. namun dia memaparkan kenyataan bahwa sesungguhnya tiada ada daya kita untuk menahan lajunya waktu yang menggulung jarak, seperti yang telah kita perhitungkan dan persiapkan.

kita bersiasat dengan angka, berupaya mengelabui dilema. jemari terus menulis cerita supaya semua yang dilewati ada ingatannya. kata terus diucap supaya semua yang terlewati ada maknanya. menghirup semerbak rindu dan menyimpannya lekat-lekat supaya terikat aromanya.

namun apakah dengan bersiasat kita akan mampu menolak datangnya akhir cerita?

kita tak lain hanya sosok yang berusaha melebur jadi hitungan angka, lalu meminta pada semesta agar menari bersama lidah api yang membakar matahari ketika siang dan hangus menghitam ketika gelap malam datang di belakang bulan, supaya terhindar dari jarak yang meminta pertanggungjawaban atas perhitungan dan persiapan kita.

maka, sebelum jarak itu habis tergulung, mari kita mengaku dan mencinta sedalam-dalamnya, setinggi-tingginya, seluas-luasnya. sejujur-jujurnya supaya kelak dikenang: kita adalah yang pernah berjuang di tiap ruas ukuran, pada akhir jarak yang telah kembali pada titik awal.

kita tak lain hanya sosok yang berusaha menulis pada tiap gulungan jarak dengan perhitungan dan persiapan.

Advertisements

2 thoughts on “perhitungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s