N.K.O.T.B, My Hero of Pop Music

Yeah…
Konon katanya malam ini NKOTB akan kembali manggung di Jakarta untuk yang kedua kalinya. Saya lupa tahun berapa yang pertama, yang pasti sekitar tahun 90an awal dah.
Sebagai blockhead (sebutan untuk penggemar NKOTB), ada sedikit penyesalan di dalam hati mengapa gitu untuk suatu perhelatan besar, impian semasa remaja, malah saya ga bisa ikut di dalam acara yang sudah pasti dipenuhi dengan remaja putri tahun 80-90an yang sudah membawa anak hasil kerjasama dengan pria yang notabene berpredikat suami yang kala berpacaran dianggap mirip Jonathan Knight, juga dengan remaja pria angkatan 80-90an yang dulu hobinya menggunakan hairspray untuk membentuk jambul a la Joey McIntyre dan kalo ketawa benar-benar memicingkan mata supaya terbentuklah lesung pipi a la Jordan Knight, pria-pria yang sekarang sudah memiliki istri hasil “sepik setan” buat ngeboongin demi meyakini sang pacar (saat itu) bahwa dia adalah titisan sang Bad Boy Doni Wahlbreg sambil memamerkan otot kencang a la Danny Wood. Tapi bisa juga konser malam nanti akan dipenuhi oleh insan muda tahun 2000an yang baru terkagum-kagum dengan karya teranyar mereka yang terangkum dalam album The Block dan melihat 5 orang pria dewasa nan matang bergerak a la motown group.


Ah, saya cukup iri membayangkan keramaian nanti malam.

Sebagai pria berusia 35 tahun penyuka metal, hardcore, alternative, rock, jazz, blues, dangdut, keroncong dan gamelan saya tidak malu untuk mengakui bahwa jaman dulu memang menggilai NKOTB. Koleksi majalah TeenBeat yang diimpor dari negara tetangga, membuat kliping tentang mereka dalam buku BOXY dan dibawa ke mana-mana untuk bisa ditunjukkin ke orang lain. Itu saat saya masih berada di bangku pendidikan SD kelas 6 sampai dengan SMP kelas 2. Kemudian masa NKOTB berakhir seiring memudarnya karir mereka dengan isyu perpecahan yang konon mengakibatkan hengkangnya Jon dan diterpanya isyu lipsync. Maka beralihlah saya ke Color Me Badd dan sebelumnya Vanilla Ice.

Tapi tetap, NKOTB adalah pahlawan bagi saya.

Boleh ditanya ke teman-teman masa remaja bahwa saya dulu cukup cekatan kalo disuruh disko dan sampai sekarang saya juga mampu bernyanyi dengan nada tinggi menggunakan teknik falset seperti yang tercontoh dalam lagu I’ll Be Loving You (Forever). Semua akibat sering menonton video klip NKOTB dan kalo kalian pernah liat adegan disko di tangga dalam video Step By Step, nah saya pernah melakukan hal itu dengan adik saya – sang vokalis hardcore handal – Almarhum Mario Ganzamo, juga dengan 2 orang sepupu saya yang salah satunya seorang cewek. Kami hanya berempat berusaha meniru gaya kelima anggota NKOTB.

Tanpa NKOTB saya akan tumbuh menjadi pria gila belajar, dengan rambut belah pinggir hobinya ngemil dan sekarang udah dapet gelar S3 di bidang Mikrobiologi. Beruntunglah saya mengenal NKOTB yang mengajarkan saya “how to become a teenage dream”, belajar disko, belajar nyanyi hanya satu yang saya ga mampu: berwajah kece seperti mereka, makanya saya juga gagal menjadi “teenage dream”. Tapi itu tidak masalah, yang penting NKOTB berhasil memberikan nuansa baru dalam kehidupan saya: Disko. Yap, bukan Maikel Jeksen, tapi NKOTB yang mengubah masa muda saya.

Satu-satunya alasan saya tidak nonton NKOTB malam ini hanyalah harga tiket yang terlalu mahal. Di atas 750rb saat presale dan di atas 1jt saat harga normal. Bagaimana mungkin? Sedangkan nonton Stone Temple Pilots dan Deftones aja masing-masing harga tiketnya cuma 350rb dan mereka itu adalah pahlawan musik rock saya. Argumen yang diberikan adalah konser NKOTB kali ini karena digabung dengan boyband (legendaris juga sih) bernama BSB. Jadilah konser mereka disebut: NKOTBSB. Bagi saya itu ga penting, saya ga tau BSB dan saya ga doyan lagu-lagunya (kecuali 2 lagu deh, hehehehehe), lalu masa saya harus bayar mahal untuk sesuatu yang tidak saya suka? What a waste of money… Tapi apalah dayaku, hal itu memang kesepakatan yang telah dilakukan NKOTB sendiri dengan BSB dan konser NKOTBSB di jakarta sendiri adalah yang kesekian kalinya setelah mereka melakukannya di tempat lain dulu. Hiks…

Maka saya memutuskan untuk tidak menonton NKOTB malam ini. Bukan karena ga menghargai semua jasa mereka tapi semata-mata karena telah terjadi perbedaan prinsip yang mendasar dalam hal penghargaan tiket. Saya lebih suka membeli gadget yang manfaatnya bisa dinikmati tahunan, tidak hanya dalam beberapa jam saja. Banyak yang bilang bahwa pengalaman adalah hal yang tak akan terlupakan, betul, tapi pengalaman bisa dicari disaat lain. Apalagi kalo pengalamannya ga yang terlalu gimanaaaaa gitu, hehehehehehe… Jadi saya akan bekerja keras supaya punya duit banyak dan bisa beli tiket untuk nonton NKOTB di negara lain. Keren kan?

Baiklah, saya sudahi dulu tulisan maha ga penting ini dengan suatu kesimpulan yang saya dapatkan saat masih mencari jati diri kala remaja dulu, cewek-cewek akan suka pada pria yang berwajah kiyut seperti Joey, bersuara merdu seperti Jordan, berbadan tegap seperti Danny, bersikap jantan seperti Donnie dan sedikit misterius seperti Jon. Jika kalian menarik negasi dari setiap kriteria itu, maka kalian akan menemukan pribadi saya: seorang Bigbangjoe, The Hexagram. Huahahahahahaa…

Selamat nonton konser bagi mereka yang beli tiket. Selamat gigit jari bagi mereka yang ga punya duit buat beli tiket.

Yang lagi nyanyi Please Don’t Go Girl di dalam omprengan,

Bigbangjoe
#Presiden Front Pembela Cintah
#The Hexagram

2 thoughts on “N.K.O.T.B, My Hero of Pop Music

  1. Pagi2 uda liat mas jordan senyum2 sama saya ..senangnyaaaa hihihi
    Gw inget yos,kita berempat,duduk desak2an di mobil papa,nyanyi step by step sepede2nya hahahaha nkotb emg mengikat tali persepupuan..

    1. Jadi maksudnye, kemarin yeeeeey jadi gitu nonton???
      Iyaaaaaa…. itu kenangan Step By Step emang dahsyat banget yaaaaaa…. Hidup NKOTB! Hidup sepupuan!!!! (Damn, udah ga lengkap lagi kita ya….)

Leave a Reply

