“Seharusnya” Dia Berumur 33 Tahun Hari Ini.

8 April adalah tanggal bersejarah buat kami. “Seharusnya” Mario – Ganzamo berusia 33 tahun hari ini.
Entahlah, masih ada saja rasa kehilangan yang besar walau sudah sejak akhir 2008 saya, mama dan papa berusaha untuk membiasakan diri tanpa keberadaan Iyo bersama kami. Namun tetap saja semua terasa beda. Apalagi jika kumpul bersama keluarga besar. Saya termasuk dekat dengan para om, tante dan sepupu. Jika kumpul-kumpul maka saya sering merasa sedih karena ada anggota yang kurang. Saya memang tertawa, saya memang suka bercanda dan menggoda semua sepupu namun di dalam hati selalu teringat akan Iyo dengan gayanya yang cuek tapi ekspresi mukanya yang bandel akan membuat kami tertawa karena celetukannya yang lucu.

3,5 sudah tahun Iyo pergi.

Saat dia pergi facebook baru ngetop (di negara ini) dan twitter belom ada. Seingat saya yang dia punya barulah sebatas account di MySpace dan saya juga belum tau apa itu jejaring sosial selain Friendster. Sekarang, Facebook sudah bagai pemaparan kepribadian dan Twitter bagai napas kehidupan. Ketika saya membaca linisama milik LOOSERZ (@looserz_hc) tidak ada kata selain TERHARU atas begitu banyaknya kata “Selamat HUT” juga “Miss You Ganzamo” yang tertulis dan di-retweet. Ya, perasaan yang begitu luar biasa melihat kenyataan bahwa Iyo yang mungkin dilihat sebagai orang yang “bukan apa-apa” dari sisi kehidupan mainstream seperti yang saya jalani ternyata begitu dicinta oleh banyak orang di luar sana. Ah, seandainya saja saat dia pergi twitter sudah menjamur dan dia udah punya akun tersendiri – mungkin namanya : @ganzamo – pasti hari ini udah kebanjiran mention dah. Luar biasa banget perhatian yang diberikan oleh teman-teman LOOSERZ.

Tadi sempat ngobrol dengan salah satu sahabat Iyo, Sacha sang gitaris LOOSERZ, saya bilang entahlah seandainya Iyo masih ada mungkin dia sudah menikah, atau masih mempersiapkan pernikahan atau baru mau ngenalin pacarnya atau apapun lah. Umur 33 itu kan kayaknya udah pas banget ya, tapi menurut  Sacha belum tentu juga karena saat ini gelombang musik cadas lagi naik daun, demikian juga dengan hardcore scene yang berhasil merebut kembali interest para laki sejati penyuka pogo dan moshing, pasti Iyo akan sibuk mondar-mandir sebagai akitivis dan pelaku aktif Hardcore. Saya langsung ketawa, benar juga sih soalnya tidak ada yang bisa mengalahkan kecintaan Iyo pada Hardcore. Pasti dia akan sibuk kesana kemari membakar panggung bersama LOOSERZ-nya. Kalo udah gitu kapan dia akan “serius” dalam hal percintaan? Ditambah lagi, setau saya Iyo itu – ternyata – suka galau dalam percintaan, ketutupan aja sama gaya hardcore-nya. Hahahahahaahha…

“Seharusnya” dia berumur 33 tahun hari ini.

Tidak ada doa pagi bersama yang berisi ungkapan syukur kami kepada Tuhan atas bertambahnya umur Iyo. Untuk apalagi? Wong dia sudah bahagia di rumah Tuhan yang abadi koq. Dia lagi senyam-senyum aja melihat semua cinta yang boleh dinaikkan oleh kami semua, keluarga dan teman-teman yang begitu dicintanya. Iyo memang sudah tidak bersama kami tetapi kenangannya akan selalu, sekali lagi, SELALU hidup di dalam hati kami. Kenangan bersama Iyo adalah kenangan yang amat indah. Saya adalah Kakak yang beruntung yang pernah mengalami hidup ditemani seorang adik hardcore semata wayang dengan segala kebaikan dan kenakalannya. Laki-laki banget dah.

“Seharusnya” dia berumur 33 tahun hari ini.

Tidak ada ritual pelukan satu persatu dari Mama, Papa, Saya juga Jacko – our dog and Iyo’s best friend – di pagi hari. Mengganti avatar BBM adalah ritual penggantinya. Mama dan Saya menggunakan avatar yang sama. Papa tidak menggunakan BB jadi ya ga bisa ikutan ritual. Tante saya mengganti avatar BBM dengan foto Iyo. Sacha juga mengganti avatar BBM-nya dengan foto bareng Iyo. Demikian juga dengan profile pic Facebook saya yang telah berganti dengan foto keluarga kecil kami. Mengganti foto, hanya itu yang bisa kami lakukan untuk menunjukkan betapa kami amat merindukan Iyo.

“Seharusnya” Iyo berumur 33 tahun hari ini.

Iyo, lihatlah kami semua dari atas sana. Tersenyumlah dengan gayamu yang selalu lucu. Kami merindukanmu selalu. Sangat.
Mata yang memanas dan berkaca-kaca ketika menulis blog ini adalah bukti betapa gue – abang lo satu-satunya – sangat kehilangan lo. It’s not easy to live as anak tunggal. I miss my “partner in crime”. Cuma blog ini yang bisa gue kasih untuk menjadi kado buat lo, Iyo. Kali aja di atas sana lo bisa buka wordpress, pastinya koneksi internet udah gratis dan lebih cepat dari kedipan mata ya. Yeah…

We miss you so much, Iyo, The Ganzamo.

Bigbangjoe

image

image

image

Posted from WordPress for Android

2 thoughts on ““Seharusnya” Dia Berumur 33 Tahun Hari Ini.

Leave a Reply

