Dipepet

Adalah rahasia semesta mengapa akhir-akhir ini saya selalu diperhadapkan dengan kenyataan harus bertemu dengan mahluk-mahluk yang merasa dirinya cakep, entah cakep beneran ato emang dempulan. Definisi cakep selalu berada di garis perbatasan antara setuju atau tidak, tetapi usaha adalah hal yang mutlak diperlukan demi memenuhi standar dan syarat yang berbeda dalam mengamini-nya.

Yang saya alami kali ini, di dalam omprengan, adalah berusaha mengumpulkan bukti-bukti otentik dan akurat demi memberi penilaian atas keabsahan anggapan pribadi wanita di sebelah saya ini, apa daya, posisi duduk bersebelahan membuat saya sulit untuk sekedar menoleh, entar disangka malah penasaran lagi ama dia, huh, maaf ya… Yang saya bisa liat sekilas hanyalah dia pakai baju garis-garis horisontal, ketat, duduknya dempet banget dengan saya dan memakai parfum entah apa merk-nya.

Semua adalah syah demi hukum. Selama masih bayar sejumlah ongkos yang sama dengan penumpang lainnya, maka dia syah-syah aja mau bergaya apapun. Masalahnya adalah menjaga ketertiban umum dan keamanan nasional merupakan kewajiban semua warga negara – di balik adanya hak untuk mendapat kebebasan berekspresi baik dalam kata, perbuatan juga pakaian. Saya sebagai WNI yang baik menghargai semua itu.

Salah satu menjaga ketertiban umum adalah dengan tidak duduk sembarangan, semerta-merta menghempaskan tubuh ke penumpang lainnya – dalam hal ini saya – sehingga terkejut dan hampir pengsan karena rasa tak percaya. Saya sudah kurusan lhow, mbak… Mengapa masih dianggap seperti kasur air? Oke, lemaknya masih terlihat tapi bukan berarti anda berhak menganggapnya sebagai lahan empuk untuk bersandar selama 2 jam perjalanan ini, betul? Ditambah lagi dengan parfum yang kurang cocok dalam hasil terjemahan indera penciuman saya, maka hak asasi saya untuk menikmati hidup tenang sedikit terganggu nih…

Ijinkan saya mengajukan perlawanan, mengutarakan melalui tulisan, agar beban ini lebih terasa ringan.

Mbak, Y U NO SEE SEE???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s