Kangen

Kangen sama masa-masa di mana internet belum sepowerful sekarang. Saat email masih menjadi hal yang amat premium dan orang masih mengandalkan surat yang ditulis menggunakan kertas wangi, dimasukkan ke dalam amplop berwarna merah hati, dikirim menggunakan jasa pak pos yang baik hati dan bedebar-debar hati kala menanti.

Kangen sama masa-masa friendster belum berkiprah yang diteruskan oleh kehebohan facebook, masa-masa meminta foto orang yang diincer merupakan moment paling mendebarkan, bukan sekedar membuka web, liat satu-satu isi album virtual, klik kanan mouse lalu pilih opsi save.

Kangen sama masa-masa bicara pada seseorang harus dilakukan langsung, baik bertemu atau paling tidak harus lewat telepon selama berjam-jam. Bukan melalui uraian 140 karakter demonstrasi romantisme atau caci maki virtual.

Kangen sama masa-masa ngobrol harus saling menatap wajah, bukan sama-sama nunduk dan sibuk mengetik, lalu tertawa sendiri, atau cemberut sendiri. Tingkah laku yang dulu dilihat aneh sekarang sudah menjadi hal lazim. Justru kamu yang aneh jika tidak ikutan aneh.

Ah, masa sudah berubah.

Aku kangen main galasin, petak umpet, tak kadal, tap benteng, tap jongkong, bola gebok, kasti, adu senam SKJ, berantem ala anak kecil antar kampung, ngojek payung kala hujan, jualan jagung bakar. Bukan hanya menunduk diam lalu utak-atik angry bird di layar ukuran 10 inci. Bukan hanya bermain dengan orang lain yang juga sedang duduk diam menatap layar tanpa ada interaksi langsung.

Ah, masa sudah berubah.

Aku juga berubah. Tadinya diam sekarang menjadi berisik. Baik di dunia nyata maupun dunia maya. Aku yang anti sosial menjadi sosialite. Walau ada kalanya aku bosan dengan segala kebisingan. Ingin kembali diam.
Menunduk. Sendirian.
Lalu jari-jari sibuk bergerak merangkai tulisan. Diam.

Ah, masa sudah berubah.

Menyenangkan juga membosankan.

image

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s