Kabar

image

Aku mendengar kabar
Engkau akan pergi ke luar sana
Dengan berbagai alasan yang telah kau ucap
yang bukan hak ku untuk mempertanyakan
bahkan melarang
Banyak hal yang telah aku ucap
Kasat telinga maupun tersirat
yang tersampaikan dengan segala ketidakpercayaan
bahwa kau akan menerimanya
Tidak akan pernah kau mengerti bahwa sesungguhnya ada yang lain dalam siratan itu
Ketidakpuasan dibalik senyum atas ucapan
“terima kasih karena telah menghabiskan waktu bersama”

Berapa banyak kah waktu yang telah habis?

Dalam segala keterbatasan
Aku sungguh ingin mengatakan
Betapa masih banyak waktu yang ingin aku habiskan
– sebenarnya – bersamamu
Dalam segala kebutuhan akan kehadiranmu

Sungguh aku ingin selalu kau hadir

Dalam segala keterbatasan
Tanganku ingin merengkuh tanganmu
yang sedang menulis rencana masa depan selama berwaktu-waktu di sana
Kalut, ingin ku rengkuh kakimu
yang sedang bergerak kesana kemari melangkah setapak demi setapak
Menjauh
dari keberadaanku yang berdiri di tempat yang sama
Tempat yang sama denganmu beberapa waktu yang lalu
Tempat yang adalah saksi betapa sulitnya lidah ini bergulir
untuk mengatakan apa yang seharusnya aku katakan

Kata yang ingin kuucap
Mungkin bukan kata yang ingin kau dengar
Hal yang kuingin kau percaya
Mungkin bukan hal yang dapat kau percaya
Egoisku menurutmu
adalah jujurnya isi hati kecilku

Tak bisa kubiarkan kabar itu menjadi kenyataan
Tapi tak bisa kubiarkan diri ini mencegah
Karena akan berdampak pada semesta
Kebodohan tunggal yang kulakukan dapat berakibat lipat ganda
… dan masih kah kau sebut aku egois?

Aku mendengar kabar
Yang sesungguhnya tidak pernah ingin kudengar
Bahkan mungkin sebaiknya tidak pernah kukenal
Sosokmu
Sehingga tak perlu ada perpisahan
Tak perlu ada kenangan

…karena kenangan bersamamu adalah warna pelangi yang selalu muncul saat cahaya matahari menyeruak usai kelabunya langit…

> terinspirasi oleh tweet seorang teman dan akibat kebanyakan baca buku bertema tragis non horor

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

