Sarapan Pagi

image

image

image

Duduk di ruang makan
Waktu menunjukkan angka 8

Hari itu adalah hari istirahatnya ego dan harga diri
Setelah bekerja keras selama lima hitungan hari
Lima hitungan dalam gerak lambat 24 kali 5
Selama itulah kau harus tunduk pada bentang alasan
Dinamakan hirarki dan birokrasi

Berdiri sejenak untuk membuka jendela
Yang terletak persis di samping meja makan
Angin pagi selalu segar
Aku selalu bersyukur atas nikmatnya dingin yang membelai
Sejuk mengganti hangat asli tubuh
Kurang puas, kubuka pintu ruang makan
Yang menghadap langsung ke halaman belakang
Jendela dan pintu terbuka adalah lambang keleluasaan

Duduk di kursi meja makan
Aku dan dia
Menikmati tiap suap makanan
Menyukuri tiap teguk minuman
Memuji kebesaran Maha Pencipta atas menu utama yang tersedia
Pembicaraan
Kita masing-masing berbicara mengeluarkan ide dan pemikiran
Hak asasi yang terkotak selama 24 dikali 5 hitungan
Bicara yang tidak mengenal waktu
Tidak memakai tema
Bisa apa saja, tentang apa saja
Kapan kah di 5 hari yang sebelumnya bisa berlaku hal seperti itu?

Aku duduk di sisi meja makan
Terhampar makanan dan minuman di atasnya
Bukan seperangkat elektronik sebagai ganjaran jabatan
Bukan hamparan kertas bertuliskan angka dan bahasa
yang kerap tidak ku mengerti maksudnya
Di sisi lainnya ada dia
Yang aku mengerti bahasa dan angkanya
Maka tumpukan cerita yang bersemayam di kepala perlahan keluar
Dan selalu selesai kita baca bersama
Melalui tatapan mata ke mata
Gestur yang berbicara
Aku mengerti semua hal itu
Dan aku merasa utuh sebagai manusia

Besoklah saatnya, aku tidak sabar menanti
Secepatnya kuingin hitungan kelima ini selesai
dan dapat kunikmati sarapan pagi
dan menjelma menjadi kepala
Pria yang seutuhnya saat ego dan harga diri melebur bersama
Dalam pembicaraan pagi
Ditemani suara ibu-ibu tetangga yang sibuk belanja
dan tukang sayur yang sigap meladeni mereka

Aku lapar…
Rindu sarapan…

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

