Berbicara

image

image

Kita bicara untuk yang kesekian kalinya
Acara yang sama
Di tempat yang berbeda
Susana hati yang selalu sama
Cerita yang selalu berbeda
Pancar sinar mata yang sama
Alasan yang berbeda

Lupa waktu adalah kambing hitam pembenaran
Durasi yang terpakai di tempat lain saat seharusnya berada di tempat lain
Tak mengapa, menikmati hidup memang demikian
Sekali duakali melanggar aturan bukanlah kejahatan
Hanya anak nakal yang bisa mengerti sakitnya jatuh kala memanjat pohon
Walau sudah dilarang
Kemudian akan kembali memanjat lagi
Lebih tinggi
Sakit adalah acuan keberhasilan
Jangan sampai terulang lagi
Kalaupun terulang, cobalah kembali
Anak nakal biasanya tumbuh menjadi tangguh

Harus keluar dari dalam kotakmu
Yang tanpa pernah sengaja membentang 12 garis sama panjang menjemukan
Statis
Mapan
Nyaman
Namun mengurungmu
Keluarlah dari kotak itu
Buat garis-garis sendiri
Kebebasan berada dalam tanganmu
Kau yang tentukan batasnya
Dalam pengertian dan pemahamanmu
Kau terlampau cerdas untuk ditipu pemandangan fana

Pembicaraan yang kesekian kalinya ini amat menarik
Membuka daya pikir dan imaji
Aku seperti berkaca
Dalam cermin beda ukuran dan beda warna
Sampai akhirnya aku harus kembali ke dalam kotak ku sendiri
Namun sungguh tidak simetris dan dapat aku buka kapan saja
Bagiku kotak tidak selalu persegi, bisa saja dia budar
Tergantung cara pandang masing-masing
Dan aku memang selalu berbeda
Aku menyerah namun aku yang memberikan syarat
Kemapanan tidak boleh mengekang daya kokang-ku
Saat syarat kuucap maka pikiranku adalah peluru
Dan indera ku adalah jalur melesatnya

Kesekian kalinya sudah kita bicara
Acara yang sama
Suasana hati yang sama
Namun kali ini aku diantar turun menuju luar sana
Walau sesungguhnya aku tidak ingin berpisah
Dan aku tau, itulah kotak tidak disengaja-ku

Sekarang aku mau tidur

Titik

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

