Semua Senang, Semua Kenyang, Kinerja Kencang!

image

image

image

image

image

image

Buat saya, betah bekerja di suatu tempat bukan semata-mata atas gaji besar atau pangkat penuh iming-iming namun rasa nyaman atas lingkungan dan suasana kerja sehari-hari adalah yang terutama. Jabatan dan penghasilan adalah relatif, jabatan tinggi di perusahaan lain belum tentu bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi dari jabatan yang rendah di tempat lainnya. Bekerja di perusahaan asing yang terkenal dengan berbagai macam anggapan financial freedom pun belum tentu selalu mendapatkan bonus dan benefit aktual lainnya seperti yang dibagikan di perusahaan lokal, apalagi kalo ternyata perusahaan lokalnya “nakal”, kecenderungannya mah gaji dan kompensasi lainnya pasti lebih tinggi. Bah, mengapa terbaca seperti saya sedang curcol ya? Ga bener nih…

Maka saya kembali ke tema awal, yaitu bukan semata-mata gaji. Seperti yang sekarang sedang dijalani saat ini, bekerja di sebuah perusahaan milik asing terbesar nomor 3 di dunia dengan bidang usaha pertambangan, saya agak-agak “bosan” dengan reaksi pertama yang terucap dari mereka yang termakan isu global mengenai sorga dunia dalam perusahaan macam itu. Bukan, teman. Surga tidak tergantung pada besarnya penghasilan dan surga bukan berbentuk perusahaan tambang asing. Tapi jika dibilang bahagia, ya, saya merasa bahagia. Lebih dari cukup bahagia. Saya bahagia karena mendapat kesempatan untuk berkarya dalam “surga dunia” itu. Dan memang, sejak keluar dari dua perusahaan yang sebelumnya (lokal) saya selalu bertekad untuk berkarir di perusahaan asing (amerika atau eropa) demi menggali pengalaman dan etos kerja yang – disinyalir – lebih profesional.

Bahagianya lagi saya mendapat lingkungan kerja yang menyenangkan. Dengan karyawan yang hanya sedikit saja, suasana kerja lebih terasa seperti keluarga. Semua saling kenal, saling bertegur sapa, saling tukar senyum, pokoknya akrab deh. Serunya lagi, di departemen tempat saya bergabung, atasan saya suka sekali mencicipi hal-hal yang seru. Kami pernah ambil cuti full day di hari senin demi bermain di area outbond di Ancol. Betapa menyenangkan rasanya saat orang-orang terjebak dalam kepenatan hari senin, kami malah bergelayutan di tali temali di ketinggian sekian meter dari permukaan tanah. Naaamun, ini yang paling saya suka, kami paling sering diajak makan-makan. Hahahahahaahaahahaha.

Atasan saya telah menentukan hari khusus yang akan diisi dengan makan siang bersama (khusus departemen kami saja) untuk merayakan selesainya quarterly reporting sebagai pelepas rasa stress dan tegang yang hinggap dalam otak selama masa pengerjaannya. Well, setiap bulan sih kami tetap bikin laporan, tapi memang dalam laporan triwulan selalu terasa lebih berat dikarenakan lebih banyak requirement-nya. Jadi rasanya pas banget jika dirayakan kecil-kecilan dan tenang saja, budget yang digunakan adalah budget departemen. Tidak ada yang merasa dirugikan. Semua senang. Semua kenyang. Kinerja kencang. Tubuh menggelinjang. Maka kami sering datang ke restoran-restoran premium yang mungkin ga akan pernah terpikir oleh saya untuk makan di sana, sayang duitnya, mending buat beli gadget. Lumayan banget deh, saya pribadi jadi ga kalah set kalo bicara sama orang lain yang emang hobi makan enak. Malah bisa jadi yang paling tau kalo lagi nongkrong di tengah-tengah komunitas musik yang emang jarang ngabisin duit ditempat makan, pecel lele dengan nasi uduk saja udah bikin puas jiwa.

Selain kenikmatan makan-makan dalam lingkup departemen, perusahaan kami pun sering mengadakan acara makan siang bersama, 1 bulan sekali juga di restoran yang cukup terkemuka. Lalu ada pula perayaan atas masa kerja. Misalnya, ada karyawan yang mencapai masa kerja 5 tahun, maka berhak diadakan makan-makan bersama departemennya. Namun jika sudah mencapai masa kerja 10 tahun, maka berhak diadakan makan-makan bersama seluruh karyawan perusahaan. Kami sering juga mengadakan makan-makan atas acara perpisahan dengan karyawan yang sudah pensiun atau memang resign dengan cara menggunakan jasa catering.
Yang serunya lagi, kami mengadakan arisan antar karyawan. Nah, biasanya yang menang arisan akan menyisihkan sejumlah duit untuk dibelikan penganan, misalnya kue-kue kecil atau gorengan. Semua senang. Semua kenyang. Tapi tidak perlu menunggu “acara-acara khusus” seperti yang sudah tertulis semua itu pun ada orang-orang yang memang hobi membawa makanan. Tiba-tiba saja pukul 9:30 ada beberapa piring penuh gorengan yang tersaji di titik-titik strategis. Semua langsung berhenti sejenak dari kesibukannya dan bersama-sama menikmati sajian yang tersedia. Ada juga ibu-ibu yang emang hobi bawa penganan, ada yang hobi membawa hasil karya masakannya, dlsb deh. Pokoknya benar-benar penuh dengan menu deh… Dan saya lah salah satu pria yang paling berbahagia karena tidak memiliki pantangan apapun dalam menikmati makanan, walaupun sekarang saya sudah menguranginya demi menjaga dan menghargai anugerah kesehatan dari Tuhan.

Dan siang tadi, departemen saya mengadakan acara makan-makan di restoran cukup terkemuka berlokasi dalam mall premium dalam rangka merayakan 5 tahun masa kerja seorang rekan kerja. Sebelumnya malah kami sudah merayakan 2 kali 5 tahun masa kerja, yaitu rekan saya yang satunya lagi dan juga atasan saya sendiri. Ya, saya memang lebih lama bekerja di sini dibanding atasan saya (saya udah mau 7 tahun). Bayangkan, bagaimana sulitnya dan begitu beratnya perjuangan saya untuk bisa menurunkan berat badan… Tapi ga apa-apa, kalau kita senang maka pikiran kita tenang dan jiwa menjadi girang! Sehat walafiat!

Jadi, jelas kan faktor apa yang membuat saya betah bekerja cukup lama di perusahaan ini? Hahaaahaahahaha…

Berikut ada beberapa foto dari kejadian makan-makan tadi siang dan juga beberapa dari sesi makan-makan gratisan di kantor.

Enjoy!

Salam Kenyang!
Buuuuurrrrrrrpppp….

Posted from WordPress for Android

Advertisements

5 thoughts on “Semua Senang, Semua Kenyang, Kinerja Kencang!

  1. “perusahaan milik asing terbesar nomor 3 di dunia dengan bidang usaha pertambangan”

    Keluar juga… eghheemm….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s