Apakah Gue Bermimpi?

Debat Para Calon Presiden yang kemarin malam disiarkan di tipi benar-benar merupakan debat yang seru lhoooowww… Semua calon presiden bersitegang, semuanya saling tuding, semuanya saling menampilkan ide-ide kreatif, inovatif dan solusif. Semua saling berbantahan. Semua saling argumentasi, maka debat semalam menjadi debat yang penuh dengan pemotongan pembicaraan. Sang panelis pun sampai terbengong-bengong karena melihat keriuhan suasana yang selalu saja diimbuhi dengan membahananya tepuk tangan para hadirin yang berada di studio. Teriakan-teriakan memberi dukungan berulang kali tercetus… Merasa mendapat dukungan maka para capres merasa seperti berada di atas angin, semakin giat lah mereka ngecap dan mengumbar janji… Gue juga mendengar suara teriakan dari rumah tetangga di sebelah kanan demi menyemangati capres pilihannya yang bertubuh pendek. Eh, tetangga di depan rumah juga melakukan hal yang sama, mereka berteriak-teriak juga untuk mendukung sang calon presiden wanita… Ga mau kalah, ternyata di seberang kali depan rumah gue ada acara nonton bareng dan mereka pun dengan amat serunya mendukung sang calon presiden berbadan besar… Betapa besarnya animo masyarakat sekitar rumah gue dalam menanggapi debat eksklusif tersebut. Ketika gue bertanya pada beberapa supporter dari masing-masing kelompok, mereka menjawab gue dengan penuh rasa haru… Kata mereka masing-masing: Inilah Calon Presiden terbaik yang pernah dimiliki oleh bangsa kita, sangat mencinta rakyat lebih dari segalanya. Niscaya, negara kita akan menjadi negara yang maju di bawah pimpinannya dan kita semua akan menjadi rakyat yang sejahtera.
Eh tapi mengapa ya koq tiba-tiba mereka bilang begini: Skor 3-0 cukup telak lhooooowwwww….
Lho, apa hubungannya dengan Debat Calon Presiden???? Koq pakai skor????

Ternyata gue bermimpi… Semua itu tadi hanyalah bumbu tidur semata… Dan skor 3-0 yang disebut-sebut tadi adalah skor Brasil yang mengalahkan Amerika Serikat di pertandingan bola yang disiarkan tadi malam juga.
He3x.. Kayaknya gue kecapean deh jadi tidurnya kebanyakan ngimpi… Kenapa ga ngimpi punya Nokia N97 aja yaaaaa???? Ha3x..

Sesungguh-sungguhnya, acara debat capres tadi malam berlangsung dengan amaaaaaat damai. Tidak ada kata-kata sanggahan, kalo pun ada selalu dilontarkan dengan nada yang amat manis. Bahkan, yang seharusnya ajang tersebut menjadi ajang berlomba eh malah menjadi show off sikap saling mendukung dan saling setuju atas statement-statement yang dilontarkan para rival. Bahkan kebanyakan malah memberi tambahan-tambahan pemikiran. Ha3x!!! Kompak banget Boi….

Melihat hal ini gue jadi berpikir, ngapain juga kemarin-marin mereka suka saling hina, saling menjelek-jelekan dan saling mengklaim inovasi kebijakan. Keadaan yang membuat rakyat harus dicekoki berita perselisihan pendapat mereka semua, bahkan sangking menyimpan “dendam” ada satu capres yang menolak memberi salam – baru balik dan memberi salam setelah disuruh oleh para pemirsa acara itu. Ha3x!

Kalo melihat debat semalam, jadi apa sih yang menjadi bahan perdebatan mereka? Koq buktinya semalam mereka bisa saling mendukung? Trus kenapa harus ada jualan politik dengan memakai slogan-slogan yang sangat menyentuh hati? Trus kenapa harus ada pemilu????

Satu saja: Ingin Menjadi Pemimpin. Itu saja.

Gue sih sebenarnya sangat terharu melihat hal itu karena ternyata mereka semua bisa menjadi satu… Semua saling mendukung… Alangkah hebatnya bila mereka bisa melebur diri menjadi satu untuk membangun dan mewujudkan semua wacana dan obral janji yang disemburkan. Saling menghormati dan memberi penghargaan tinggi kepada rival – eh mungkin tepatnya gue sebut sebagai rekan kerja yaaa… Kemudian berembuk dan menyepakati satu orang saja yang memimpin, tanpa harus ada perselisan pendapat. Tanpa harus ada rasa dengki. Maka niscaya negara ini punya sistem pemerintahan, politik dan hukum yang solid. Dalam waktu 10 tahun bisa menjadi negara maju karena semua koruptor udah dieksekusi tanpa harus memikirkan siapa yang jadi backing mereka.
Negara ini bisa koq menjadi negara yang hebat karena para elit politiknya bersatu dan rakyat sangat mendukung.

Tapi itu hanya wacana…

Makanya, acara semalam itu ga cocok disebut acara Debat. Mendingan disebut sebagai “Live Show: Kerjasama Politik Dalam Mengumbar Janji Manis Atas Nama Rakyat”. Karena semua saling tersenyum, semua saling mengamini.

Eh, gue bukan setuju dengan chaos ya, tapi agak risih aja melihat judulnya. Mengapa kita tidak bisa seperti negara adidaya itu yang ketika mengadakan acara debat capres bisa demikian seru karena para capresnya saling tuding dan saling memberikan argumentasi. Tapi ketika akhirnya sudah terpilih satu presiden maka calon yang kalah itu rela menjadi “sekedar” menteri dalam kabinet. Yang penting negara itu maju! Semua demi negara maka kepentingan diri sendiri diredam, rela menjadi yang nomor kesekian (bukan yang nomor dua) karena posisi Pres & WaPres sudah dipilih berdasarkan kehendak rakyat terbanyak.

Sementara kalo di negara ini? Di tipi keliatan manis, tapi di belakang semuanya berkoar-koar… Ga jantan (dan betina) aaaaaaahhhh….
Tapi gue sungguh bersyukur – tanpa ada maksud memberi dukungan – karena masih ada satu CaPres yang memiliki hati lembut, lebih memilih untuk membangun suasana tenang, walopun akhirnya terlihat lembek. Namun nampaknya sih rakyat kita masih lebih suka yang kebapakan dan mengayomi seperti itu, terbukti dari polling sms sementara via acara semalam dia mendapat nilai tertinggi.

Tapi ini baru putaran pertama dari rencana lima putaran. Mungkin ini baru pemanasan ya, kaya baru ambil ancang-ancang. Mungkin diputaran berikutnya akan terjadi perlombaan inovasi dan solusi.

Semoga semuanya bukan jadi wacana saja yaaaaaaaa….

Selamat menikmati hari ini, people.
Salam metal!
\m/

(catatan: gue nonton acara ini karena terpaksa aja, di statsiun tipi lainnya yang ditayangin cuma sinetron murahan yang mengumbar aktris putih sexy, aktor tinggi besar, mata melotot dan konflik-konflik ga penting. Jadi mau ga mau ya gue milih nonton “debat” aja deh, lagian juga biar ga kalah set/pengetahuan ama teman-teman gue yang lain. Ha3x!)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s